Cara Memilih Pinjaman Online Aman dan Terpercaya

79 View

Setelah kehadiran fintech sebagai pemberi pinjaman yang cepat dengan syarat mudah, kini banyak orang enggan meminjam uang di bank. Salah satu alasannya adalah karena ribet dan butuh waktu pencairan yang cukup lama. Akan tetapi benarkah semua pinjaman online aman dan menguntungkan?

Tentu tidak! Tidak semua pinjaman online aman dan menguntungkan oleh sebab itu memilihnya harus tepat. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan untuk Anda beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya. Cek ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Memilih Pinjaman Online Aman dan Terpercaya

Pinjaman Online 2021

Pilih pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK

Ketika akan meminjam sejumlah dana melalui aplikasi pinjaman online, pastikan Anda memilih aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jadi pengecekan sebelum pinjaman dilakukan sangat diperlukan untuk mengetahui legalitas dari lembaga pinjaman online tersebut.

Dengan memilih pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, proses bisnis keuangan yang dijalankan melalui aplikasi tersebut dipastikan sudah terverifikasi dan mendapatkan pengawasan OJK secara langsung.

Pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK dalam melakukan mekanisme penagihan atau pembayaran juga biasanya tidak main – main. Mereka akan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh OJK.

Pilih pinjaman online yang memiliki layanan konsumen

Ketika mengajukan pinjaman pertama kali, baiknya Anda memilih perusahaan yang memiliki layanan konsumen jelas dan mudah untuk dihubungi. Misalkan Anda memilih perusahaan yang sudah jelas mencantumkan nomor telepon, email dan jika mungkin ada WA serta alamat kantornya.

Tujuannya agar jika nanti ada masalah, maka debitur bisa dengan mudah menghubungi dan mendapatkan respon lebih cepat. Layanan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi juga menjadi sebuah pertanda pada sebuah layanan apakah legal atau tidak.

Karena setiap layanan yang legal hampir semuanya sudah mencantumkan layanan konsumen secara jelas. Berbeda dengan layanan ilegal yang cenderung menutup – nutupi layanan konsumennya demi menyembunyikan identitasnya.

Pahami website dan aplikasi secured pinjaman online

Pinjaman online aman biasanya memiliki situs yang terproteksi dengan secured sebagai identitas mereka. OJK secara resmi juga mewajibkan terhadap lembaga pinjaman online dan fintech P2P untuk melakukan langkah security pada website dan database mereka untuk melindungi data konsumen termasuk untuk lolos audit dan sertifikasi ISO.

Hal ini dilakukan OJK semata – mata demi menjaga kepuasan customer dan menjaga data customer tetap aman dan tak ada yang dicuri demi kepentingan pihak manapun. Untuk memastikan suatu situs website aplikasi pinjaman online aman atau tidak, Anda bisa melihat keamanannya dari logo gembok di bagian kiri atas.

Biasanya website yang aman memiliki logo gembok ini. Jadi cek dulu sebelum Anda memutuskan meminjam sejumlah dana melalui aplikasi pinjaman online tersebut agar tidak mengalami kerugian atau masalah di kemudian hari.

Pilih pinjaman online yang memberikan informasi biaya secara transparan

Karena sistem pinjaman yang diberikan secara online dan tanpa tatap muka maka persyaratan dan biaya menjadi aspek yang sangat krusial dan transparansi juga menjadi kunci.

Sejak awal Anda bertanya soal pinjaman dan sebelum Anda meminjam sejumlah dana pastikan bahwa Anda sudah mempertanyakan segala hal berkaitan dengan bunga yang harus dibayar, jangka waktu pinjaman, biaya – biaya terkait sampai dengan denda keterlambatan.

Untuk mengetahui semua informasi tersebut, idealnya Anda bisa melihat di halaman awal website yang tersedia atau di informasi aplikasi sebelum Anda mendownload aplikasi tersebut. Jadi cek dulu semua informasi yang Anda butuhkan di sana.

Pahami kontrak perjanjian yang ditetapkan

Di awal mengajukan pinjaman, Anda harus membaca dan memahami kontrak perjanjian yang ditawarkan. Dengan Anda memahami kontrak perjanjian, Anda bisa tahu berbagai ketentuan pinjaman mulai dari biaya –  biaya terkait, bunga pinjaman, besar cicilan dengan tenor yang ditawarkan atau dipilih, denda pinjaman dan cara penagihan ketika sudah jatuh tempo.

Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan pinjaman

Jangan sampai Anda terlena dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online. Usahakan agar Anda meminjam dana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Hindari juga penggunaan dana pinjaman untuk keperluan yang bersifat konsumtif.

Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai tagihan lain yang perlu dibayarkan setiap bulan supaya tidak sampai memberatkan diri Anda sendiri di kemudian hari.

Catat kembali dan ingat jumlah uang yang dipinjam

Ketika melakukan pengajuan pinjaman, Anda harus mencatat dan mengingat jumlah uang yang dipinjam beserta jumlah bunga dan besaran cicilan bulanan yang Anda harus bayarkan. Langkah ini penting untuk berbagai hal.

Pertama agar Anda tidak lupa untuk membayar pinjaman ketika sudah jatuh tempo. Kedua agar Anda bisa tahu jika ada sesuatu yang mencurigakan dari pinjaman online tersebut. Misalkan jika ada indikasi penipuan atau sebagainya karena Anda sudah mengantisipasinya dari awal. Anda bisa mencatatnya di notes ponsel atau di buku catatan.

 Itulah beberapa tips dan cara memilih pinjaman online aman dan terpercaya yang Anda harus tahu dan pahami. Pastikan Anda tidak salah pilih agar tidak mendapatkan masalah di kemudian hari. 

Gallery for Cara Memilih Pinjaman Online Aman dan Terpercaya

1 comment

Comments are closed.